Frequently Ask Question

  • Indonetwork merupakan pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2001. Indonetwork sendiri sudah memiliki lebih dari 3 juta member yang sudah bergabung dengan layanan marketplace kami.

  • Indonetwork menyediakan jasa yang membantu perusahaan anda melakukan promosi online dengan mudah, sehingga anda dapat meningkatkan penjualan dan ekspansi bisnis ke seluruh wilayah di Indoneesia. Layanan digital marketing untuk kepentingan periklanan yang dilakukan oleh indonetwork mencakup pembuatan website, layanan SEO, SEM, Sosial media ads, pembuatan company profile dan masih banyak lagi.
  • Penjual merupakan anggota dari indonetwork dan sebagai pengguna akun, sehingga seluruh konten yang diunggah beserta informasi yang disampaikan dalam akun tersebut merupakan tanggung jawab pemilik akun. Sebagai pembeli anda disarakan untuk lebih berhati-hati dalam kasus penipuan. Jika terjadi tindak penipuan antara penjual dan pembeli, silahkan laporkan hal tersebut kepada pihak berwajib.

  • Tidak, Indonetwork bukanlah pemasok ataupun produsen atas produk tertentu, sehingga tidak melayani jasa pengiriman dalam bentuk apapun. Indonetwork hanya menyedikan platform informasi bisnis untuk pembeli dan penjual agar mempermudah pencarian barang-barang secara online.

  • Kantor Pusat
    Gedung Buncit 36, Jalan Warung Jati Barat No. 36, Ragunan, Jakarta Selatan, 12550
    Telepon: 0804-1787-878 / (021) 30496101
    Kantor Cabang
    Royal Park Residence Blok R No. 23 Gn. Anyar Tambak, Kec. Gn. Anyar, Surabaya, Jawa Timur, 60294

  • Bagaimana Cara Mendaftarkan Keanggotaan Penjual Indonetwork?

    Cara mendaftarkan akun sebagai penjual di Indonetwork:
    1. Silakan klik menu login pada pojok kanan atas tampilan dashboard Indonetwork
    2. Klik menu daftar baru, setelah itu isi kelengkapan data seperti username, email, no telephone hingga password. Lalu, klik daftar
    3. Lakukan verifikasi akun melalio notifikasi email yang masuk
    4. Selamat! Anda dapat mengaktifkan akun Anda pada direktori bisnis Indonetwork

  • Bagaimana Saya Mendaftarkan Akun Penjual?

    Cara Mendaftarkan Perusahaan Anda pada direktori bisnis Indonetwork, yaitu:
    1. Setelah penjual memasuki halaman depan Indonetwork, silakan klik menu dashboard pada logo kanan atas.
    2. Setelah itu menu klik data perusahaan dan klik menu "daftarkan perusahaan"
    3. Silakan lengkapi informasi perusahaan Anda pada kolom yang sudah tertera
    4. Lengkapi kebutuhan perusahaan Anda seperti setiap form pengisian data sebagai penjual dengan mencatumkan dokumen seperti KTP, SIUP, NPWP,TDP dan dokumen lainnya.
    5. Terakhir, pihak Indonework akan melakukan verifikasi pada perusahaan Anda

  • Bagaimana Saya Mendaftar Akun Pembeli atau Anggota?

    Sebagai pembeli Anda dapat mengakses informasi seperti nomor telephone atau melihat produk akun member Indonetwork tanpa melakukan aktifasi akun terlebih dahulu.

  • Apakah Terdapat Proses Verifikasi Akun?

    Iya, setiap pembuatan akun Anda diwajibkan mengisi kolom email untuk melakukan verifikasi.

  • Bagaimana Cara Login Akun?

    Jika Anda sudah memiliki akun di direktori bisnis Indonetwork, tahap pertama yang perlu Anda lakukan yaitu:
    1. Silakan klik menu login pada pojok kanan atas tampilan dashboard Indonetwork
    2. Masukkan email dan kata sandi Anda
    3. Klik login dan setelah itu Anda telah masuk pada akun Indonetwork Anda

  • Mengapa Saya Tidak Bisa Login?

    Silakan melakukan pengecheckan data atau ubah password akun Indonetwork Anda melalui resigtrasi email atau Anda juga dapat menghubungi customer support kami.

  • Mengapa Saya Tidak Bisa Login?

    Silakan melakukan pengecheckan data atau ubah password akun Indonetwork Anda melalui resigtrasi email atau Anda juga dapat menghubungi customer support kami.

  • Bagaimana Jika Lupa Kata Sandi?

    Jika Anda lupa dengan kata sandi, silakan klik tombol lupa password setelah itu masukkan email Anda yang aktif. Setelah itu pihak Indonetwork akan melakukan verifikasi ulang pada email yang telah dicantumkan.

  • Apakah Bisa Mengatur Ulang Informasi Akun?

    Tidak, member tidak dapat mengganti user name ataupun URl yang sudah didaftarkan. Akan tetapi member dapat mengganti password, logo, alamat ataupun informasi perusahaan lainnya.

  • Bagaimana Mengatur Keamanan Akun?

    Jangan membagian kata sandi ataupun email yang telah didaftarkan pada direktor bisnis Indonetwork, karena hal ini bisa saja merugikan Anda serta calon pelanggan Anda.

  • Bagaimana Cara Menutup Akun?

    Penjual dapat informasikan alasan penutupan dengan jelas dan berikan dokumen pendukung yaitu SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) melalui email Customer Support Indonetwork.

  • Apa Itu Member Premium?

    Premium membership adalah akun membership berbayar yang memungkinkan member menggunakan fitur - fitur yang lebih lengkap dibanding dengan free membership. Pihak Indonetwork akan membuatkan tampilan website yang lebih menarik dengan fitur yang lebih lengkap sehingga google dapat mengindex website Anda dengan mudah dan calon kosnumen akan merasa tertarik Jika Anda tertarik dengan program ini silakan hubungi pihak sales Indonetwork

  • Apa Keuntungan Member Premium?

    Keuntungan premium member selain memiliki fitur yang lebih lengkap untuk menunjang pemasaran produk pastinya kami juga akan memprioritas produk yang Anda jual, selain itu keuntungan yang dapat Anda peroleh yaitu:
    1. Tampilan website Anda akan kami buat lebih menarik dibanding member free
    2. Member memiliki fasilitas unlimited upload produk
    3. Member akan mendapatkan desain banner, tema dan cover dengan tampilan yang menarik
    4. Semua contact person muncul, baik dari whatsapp, email, nomor telfon

  • Bagaimana Pengelolaan Member Premium?

    Proses pengelolaan member premium, tentu akan diperhatikan secara khusus oleh pihak Indonetwork. Kami akan memprioritaskan perusahaan Anda, terus memberikan perbaikan pada website Anda, serta mengupload berbagai kebutuhan produk dari perusahaan Anda

  • Mengapa Harus Ikut Member Premium?

    Alasan mengapa perusahaan Anda harus join dengan premium member:
    1. Tentu setiap perusahaan menginginkan omset yang terus berkembang. Indonetwork dapat membantu perusahaan Anda mewujudkan mimpi tersebut menjadi kenyataan.
    2. Indonetwork akan menyediakan layanan pemesanan domain, uplod produk hingga set up website dengan cepat
    3. Produk Anda mendapatkan prioritas listing pada direktori Indonetwork
    4. Indonetwork menawarkan harga yang bersaing setelah itu Anda sudah bisa mendapatkan personal domain dan website untuk keperluan pemasaran perusahaan

  • Apa Saja Paket Member Premium?

    Member premium yang Indonetwork tawarkan terdiri dari 3 jenis, seperti:
    1. Premium Ruby
    2. Premium Blue Onyx
    3. Premium Gold
    Produk dengan rate yang paling tinggi yaitu premium ruby, sehingga jika Anda mengupgrade keanggotaan menjadi Premium Ruby sudah dipastikan produk Anda mendapat perioritas listing nomor 1 di website direktori bisnis Indonetwork.

  • Berapa Lama Pembuatan Membership Premium?

    Setelah Anda terdaftar menjadi premium member di Indonetwork, bapak/ibu akan diberikan fasilitas layanan komunikasi dua arah dengan staff Indonetwork untuk memantau perkembangan website. Biasanya pembuatan webiste paling lama sekitar 3 - 4 hari dan sudah termasuk pemesanan personal domain dan upload produk.

  • Berapa Kata Kunci yang Harus Dipilih?

    Kami menyarankan untuk menggunakan kata kunci minimal 3 kata. Hal ini bertujuan agar website anda bisa bersaing dan menghasilkan lalu lintas lebih spesifik sesuai produk bisnis Anda. Informasi lebih lanjut mengenai produk SEO dapat Anda peroleh di sini!

  • Berapa Lama Kontrak Jasa SEO?

    Biasanya kami mentargetkan pengelolaan jasa SEO selama 1 tahun, hal ini bertujuan agar pengoptimasian performa berjalan dengan baik.

  • Apa Saja Bisnis yang Butuh Jasa SEO?

    Hampir semua sektor bisnis memerlukan pengoptimasian SEO untuk mendongkrak nilai penjualan di website. Kami menerima jasa pengoptimasian SEO untuk produk yang Anda jual, baik untuk produk B2B maupun B2C

  • Apakah Ada Jaminan Untuk Penjual?

    Kami tidak menjamin pengelolaan SEO sampai menghasilkan penjualan, tetapi kami berusaha secara maksimal agar pengelolaan SEO mendapatkan growth organic. Semua hasil pencarian di Google tidak bisa menjamin menghasilkan penjualan, dikarenakan Algoritma pada Google berubah secara dinamis dan cepat. Tetapi, kami akan berusaha memaksimalkan kinerja SEO dengan mendapatkan growth organic sehingga membantu mengoptimalkannya sesuai kaidah Google.

  • Apakah SEM Selalu Berada di Page 1 Google?

    Menggunakan SEM pada produk atau jasa mungkin memang bisa langsung menampilkan pencarian produk Anda pada google di halaman 1, akan tetapi SEM memiliki sifat berotasi karena masalah budget yang Anda miliki sehingga tidak bisa menjamin produk akan selalu ada di page 1 Google.

  • Apakah Bisa Mengganti Keyword Selama SEM Tayang?

    Selama Anda masih mempunyai budget, keyword bisa di tambahkan atau bisa di ganti dengan keyword yang diinginkan.

  • Berapa Keyword yang Digunakan SEM?

    Untuk banyaknya keyword tergantung dari budget yang digunakan, semakin besar budget Anda semakin banyak keyword yang bisa digunakan.

  • Bagaimana Proses Report Campaign SEM?

    Report akan diberikan setelah campaign SEM berjalan, bentuknya berupa link online yang bisa Anda cek setiap saat. Report SEM juga biasanya akan menampilkan detail seperti jumlah budget yang sudah digunakan, jumlah klik, keyword yang diklik, dll.

  • Aoakah Ada Jaminan Produk Terjual?

    Kami tidak memberikan jaminan apapun untuk pemasangan SEM, karena Indonetwork hanya membantu untuk mengiklankan produk atau jasa yang Anda gunakan supaya bisa tampil instan di mesin pencarian Google.

  • Bagaimana Persiapan Memulai Iklan Youtube?

    Kami akan membantu mengiklankan produk Anda pada Youtube, dengan kategori produk yang dilarang mengandung pornografi, penipuan, SARA, Narkoba, dan money game. Tahap pertama yang perlu Anda siapkan adalah video yang akan diiklankan (disarankan tidak lebih dari 30 detik dan 5 detik di awal telah menampilkan logo perusahaan atau produk Anda). Setelah itu video Anda akan ditautkan pada link website. Selanjutnya, kami akan melakukan targerting iklan seperti pemilihan topik, interest, usia, gender dan wilayah.

  • Apakah Saya Harus Punya Akun Youtube?

    Iya, hal ini merupakan hal wajib yang harus Anda penuhi.

  • Kapan Iklan Youtube Saya Mulai Tayang?

    Jika kami telah menerima pembayaran atas pemesanan Anda, maka kami akan segera proses iklan. Biasanya estimasi pengerjaan dilakukan selama 1-5 hari kerja setelah itu iklan Anda akan tayang. Kami membutuhkan 1-5 hari pengerjaan karena untuk melakukan setting iklan, diperlukan research dan review iklan sejenis dari google.

  • Bagaimana Proses Report Iklan Youtube?

    Setelah iklan Youtube berhasil terpasang, maka pihak kami akan memberikan informasi pada Anda. Setelah itu, laporan bulanan biasanya akan kami kirimkan di awal berupa screen shoot bukti iklan sudah tayang, kami juga akan kirimkan laporan performa iklan yang telah berjalan supaya bisa Anda review sebagai bahan pertimbangan perpanjang iklan di bulan selanjutnya.

  • Apa Saja Produk Upsell?

    Optimalkan brand awarness perusahaan, website, hingga promisi penjualan Anda di berbagai platform digital dengan berbagai produk upsell yang dimiliki oleh Indonetwork. Informasi lebih lengkap mengenai produk upsell, silakan kunjungi produknya di sini!

  • Bagaimana Proses Mendapatkan Produk Upsell?

    Setelah Anda memasang produk jasa di Indonetwork, silakan lengkapi juga dengan berbagai pilihan promosi digital lainnya untuk mengoptimasi penjualan Anda.

  • Setiap proses pembelian Anda harus tetap berhati-hati, karena keanggotaan Premium tidak menjadi jaminan keamanan untuk mencari penjual terpercaya. Akan tetapi pihak Indonetwork tentu melakukan validasi pada setiap penjual yang terdaftar dengan cara melampirkan dokumen serta menunjukan Identitas perusahaan tersebut.

  • Pembeli bisa menghubungi penjual dengan baik dengan klik menu "info perusahaan" dan hubungi penjual dengan nomor telepon dan alamat email atau Anda dapat menekan menu "direct chat" untuk mengirimkan pesan kepada penjual.

  • Pembeli dapat memberikan pertanyaan atau menanyakan detail produk dengan cara klik nama produk dan klik bagan kosong dan ketikan pesan yang ingin dikirimkan, setelah itu klik "kirim pesan"

  • Anda dapat melakukan transaksi langsung dengan pihak penjual, karena Indonetwork tidak melayani transaksi langsung dengan konsumen maupun penjual.

  • Jika hal tersebut terjadi, pembeli diharapkan untuk menghubungi pihak penjual untuk mengatasi solusi yang terjadi, karena hal tersebut diluarkendali Indonetworrk sebagai situ marketplace B2B. Tetap waspada dan berhati-hati sebelum melakukan transaksi.

  • Kebijakan pengembalian uang (refund) ditentukan oleh masing-masing penjual, sialakan hubungi perusahaan terkait. Hal tersebut diluar kendali Indonetwork sebagai penyedia direktori bisnis.

  • Setiap Penjual dapat menghapus produk yang tidak diproduksi lagi oleh penjual, dengan cara mengakses menu "Aktifitas" lalu "Produk" setelah itu "List Produk". Kemudian klik tombol "Delete".

  • Bukan hanya itu Anda juga dapat menonaktifkan produk sementara, dengan cara mengakses menu "Dashboard", lalu pilih menu "Produk", pilih produk yang ingin dinonaktifkan, kemudian pilih menu "Edit" dan klik "Simpan Sementara".

  • Layanan produk atau jaya yang tidak boleh diperjual belikan di Indonetwork seperti, obat-obatan terlarang, senjata tajam seperti pistol, jasa yang bersifat ilegal lainnya, produk dengan unsur SARA, diskriminasi, menebar kebencian, atau menyudutkan pihak lainnya