Back to Top

Hi, Guest!

Tanaman Obat

BAGIKAN :    
Tumbuhan obat adalah tumbuhan yang telah teridentifikasi dan diketahui dapat menyembuhkan penyakit dengan senyawa yang terkandung di dalam tumbuhan tersebut. Selain dijadikan sebagai bahan pangan tumbuhan juga dapat dimanfaatkan menjadi tumbuhan obat. Penggunaan tanaman obat sebagai alternatif pengobatan terlah ditemukan sejak zaman prasejarah. Bahkan, di zaman modern sekarang ini, banyak obat modern yang merupakan turunan dari tanaman-tanaman obat tersebut. Seperti aspirin yang berasal dari kayu pohon dedalu, juga digitalis, quinine, dan opium.Tumbuhan obat atau tanaman herbal dapat diartikan sebagai segala tanaman yang memiliki senyawa kimia alami yang memiliki efek farmakologis dan bioaktivitas penting bagi penyakit infeksi maupun degeneratif. Temukan agen, supplier, distributor tumbuhan obat terpercaya hanya di Indonetwork.
Tanaman Obat Keluarga
Tanaman Obat
Rp. 20.000
10 Bungkus
Tanaman Obat Keluarga Merupakan Tanaman yg sebaiknya ada di halaman setiap rumah, karena berfungsi sebagai P3K dalam membantu memelihara kesehatan seluruh anggota keluarga, juga membantu memelihara daya tahan tubuh di segala musim yang tak menentu ini. Beberapa paket tanaman obat yg ready antar

  • RPK bulog Alya Alya.M@rt
    Bogor • Jawa Barat • Indonesia
  • 1 Tahun
Di Indonesia banyak terdapat jenis tanaman obat yang tumbuh, dan telah banyak digunakan dalam pengobatan penyakit. Berikut beberapa jenis tanaman obat dan manfaatnya : 1. Asam memiliki khasiat untuk mengobati sakit gigi dan demam 2. Jahe memiliki khasiat mengobati sakit perut, mual-mual, sakit kepala, dan nyeri sendi 3. Alang-alang memiliki manfaat menurunkan asam urat dan rematik 4. Cocor bebek memiliki manfaat mengurangi peradangan dan antiradang 5. Suruhan memiliki manfaat mengobati rematik 6. Cabe rawit memiliki khasiat melancarkan peredaran darah dan menghancurkan pembekuan darah 7. Rambut jagung memiliki manfaat meredakan demam, dan melancarkan pengeluaran empedu 8. Lidah buaya memiliki khasiat menyembuhkan luka, meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan mulut, dan obat jerawat
Pengolahan tanaman obat terdiri dari beberapa tahap yaitu sortasi, pencucian, penirisan atau pengeringan, penyimpanan dan pengolahan. Yang dimana sortasi dilakukan setelah dilakukan panen, yang bertujuan untuk membersihkan hasil panen dari tumbuhan yang antara lain daun maupun umbi dari kotoran. Setelah itu hasil panen tersenut dibersihkan dari bagian yang busuk, pasir, tanah, maupun gulma yang menempel harus dibersihkan. setelah dilakukan sortasi, maka dilakukan pencucian dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Hasil panen yang berupa daun dan umbi tadi kemudian dibersihkan dengan menggunakan sikat, namun tidak perlu dibersihkan terlalu lama karena jika dibersihkan terlalu lama dapat mengakibatkan zat-zat yang terkandung larut bersama air dan dapat mempengaruhi kualitas hasil panen. Setelah itu dilakukan pengeringan dengan memanfaatkan sinar matahari. Pengeringan ini bertujuan untuk mengeringkan kandungan air yang terhadap pada hasil panen, memperpanjang masa simpan, mengurangi pengurangan mutu, mengurangi berat bahan pada saat pengangkutan, selain itu juga agar bahan mengeluarkan aroma khas nya setelah kering. Bahan yang sudah kering ini disebut dengan simplisia, yang dimana simplisia inilah yang kemudian diolah menjadi berbagai bentuk obat-obatan.
Temukan tanaman obat di Indonetwork Jika Anda mencari tanaman obat yang berkualitas dan bermutu tinggi, Anda dapat menemukannya di Indonetwork. Indonetwork adalah direktori bisnis terbesar, jadi anda dapat mencari kebutuhan Anda di Indonetwork. Ingat Anda dapat mencari yang Anda butuhkan di Indonetwork!

Daftarkan perusahaan Anda

Anda adalah Agen, Supplier & Distributor Tanaman Obat untuk wilayah Indonesia?
Indonetwork.co.id merupakan situs penyedia direktori sebagai media promosi online berbasis web yang dapat menghubungkan penjual dan pembeli antar bisnis (B2B - Business to Business) dan kalangan B2C (Business-to-Customer) dalam 24 Jam nonstop menjangkau seluruh wilayah Indonesia.