Anggota Prioritas Prioritas IndonetworkTahun ke-3
PANATELINDO INTICOM SELALU MEMBERIKAN HARGA LEBIH MURAH SILAHKAN HUBUNGI HOTLINE KAMI 021-92779456 AGAR ANDA TIDAK MENYESAL
Informasi Kontak
Nama:

Tn. BACHTIAR SIMATUPANG [Direktur/CEO/Manajer Umum]

E-mail:

Situs Web:

Pesan Instan:

Y!: bachtiar_sian Y!: bachtiar_sian
PIN BlackBerry: 2984F0F4 2984F0F4
Nomor Telpon:

Nomor telpon Tn. BACHTIAR SIMATUPANG di BEKASI

Nomor Ponsel:

Nomor ponsel Tn. BACHTIAR SIMATUPANG di BEKASI

Nomor Faks:

Nomor faks Tn. BACHTIAR SIMATUPANG di BEKASI

Alamat:

RUKO MITRA BEKASI BLOK B. NO 12.( KOMP. RAMAYANA ) JL. IR JUANDA NO. 151 BEKASI TIMUR
BEKASI 17111, Jakarta
Indonesia

Alamat Tervalidasi

HP .0852 8938 8205
Rata-rata Tinjauan Pemakai

Tidak ada ulasan untuk perusahaan ini

Menulis tinjauan

Katalog Produk

DYNAMITE SOFTWARE BILLING TELEPHONE
HargaCALL
Jumlah Pesanan:
Cara PembayaranTunai
Kemas & PengirimanCD
Negara AsalIndonesia

Keterangan

DYNAMITE SOFTWARE BILLING TELEPHONE. PANATELINDO INTOCOM ADALAH SUPLIER SOFTWARE BILLING TELEPHONE dYNAMITE.
Telephone Billing System adalah software yang berfungsi untuk mencatat dan menghitung pemakaian telepon. Telephone
Billing System sangat cocok dipasang pada.
• Kantor, Bank, Pabrik,
• Rumah Sakit,
• Hotel, Apartemen, motel, cottage dan sejenisnya.
Telephone Billing System versi 3.01 ini dilengkapi dengan berbagai kecanggihan diantaranya:
• Rumus perhitungan pulsa sesuai dengan aturan PT. TELKOM.
• Bisa digunakan pada hampir semua jenis PBX + SMDR yang ada didunia.
• Jumlah kamar dan extension nyaris tidak dibatasi.
• Semua setup berupa isian sehingga dapat beradaptasi terhadap perubahan-perubahan.
• Setup menggunakan grid yang menyerupai program Excel.
• Tampilan menu yang user friendly.
• Setup-setup berupa:
• Setup Parameter
• Setup Extension
• Setup Tenant
• Setup Nomor Line
• Setup Zone
• Setup Hari Libur
• Setup Pelanggan/ Customer
• Setup Password
• Setup Nama Perusahaan
• Laporan-laporan yang dapat dibuat:
• OutGoing
1. Extension
2. Account Code
3. Divisi
4. Line
• Incoming
Semua laporan dapat di summarized ( total per Extension, Account, Divisi, Line) atau di detail untuk pengecekan.
Tersedia juga pencarian untuk pemakaian telepon yang melebihi batas durasi tertentu, nomor-nomor tertentu, yang
melebihi harga tertentu, pemakaian telepon diatas jam tertentu.
Karena masih banyak kecanggihan yang lainnya, maka pastikan anda mencoba software Telephone Billing System
dYNAMITE® untuk melindungi perusahaan anda dari penggunaan telepon yang tidak diperlukan.
Kami pun memberikan jaminan dukungan teknik dan upgrade gratis selama satu tahun sejak tanggal pembelian software.
Kami menyediakan tenaga-tenaga ahli yang dapat membantu Anda baik melalui telpon atau fax untuk membantu Anda
memakai software ini.
Kami selalu berusaha membuka diri terhadap segala usul dan kritik yang membangun demi semakin sempurnanya produk
Telephone Billing System ini.
Terima kasih
6
PERSYARATAN MINIMUM
Persyaratan Hardware
Satu buah set Komputer yang terdiri dari:
1. Central Processing Unit ( CPU) :
• Processor Pentium 90Mhz
• RAM 16MB
• Hard disk yang mempunyai free space 200MB
• 10MB untuk program
• 150MB untuk data
2. Floopy drive 1.44”
3. Serial Port ( COM 1 atau COM 2)
4. Mouse
5. Key Board
6. Kabel serial dari PBX ke Komputer Serial Port
7. Printer Dot Matrix/ DeskJet/ Laser untuk mencetak report
Persyaratan Software
Operating Sytem yang digunakan dapat berupa:
1. Microsoft Windows 9X, yang terdiri dari:
• Microsoft Windows 95
• MicrosoftWindows 98
• Microsoft Windows 2000
• Microsoft Windows XP
2. Microsoft Windows NT
• Microsoft Windows NT 3.X Client atau Server
• Microsoft Windows NT 4.X Client atau Server
KONEKSI KABEL SERIAL
The connectors
PCs have 9pin/ 25pin male SUB-D connectors. The pin layout is as follows
( seen from outside your PC) :
1 13 1 5
______________________________________________
. . . . . . . . . . . . . / . . . . . /
. . . . . . . . . . . . / . . . . /
--------------------------- -----------
14 25 6 9
Name ( V24) DB25 DB9 Dir Full name
TxD 2 3 O Transmit Data
RxD 3 2 I Receive Data
RTS 4 7 O Request To Send
CTS 5 8 I Clear To Send
DTR 20 4 O Data Terminal Ready
DSR 6 6 I Data Set Ready
DCD 8 1 I Data Carrier Detect
GND 7 5 - Signal ground
O = output; I= input
KONEKSI KABEL SERIAL
Koneksi kabel serial yang umum dapat terdiri dari 2 macam yaitu:
• Half Handshaking ( menggunakan kabel minimum isi 5 atau 4 atau 3)
• Full Handshaking ( menggunakan kabel minimum isi 7)
Half Handshaking
Format 1 DB25 to DB9:
DB25 ( PBX)  = = = = = = = = = = =  DB9 ( COM)
2 ( TXD)  = = = = = = = = = = =  2 ( RXD)
3 ( RXD)  = = = = = = = = = = =  3 ( TXD)
5 ( CTS)  = = = | = = = = = = =  4 ( DTR)
6 ( DSR)  = = = | | = =  8 ( CTS)
20 ( DTR)  = = = = = = = = | = =  6 ( DSR)
7 ( GND)  = = = = = = = = = = =  5 ( GND)
Note: Pin 5 dan 6 ( DB25 PBX) disambungkan ke pin 4 ( DB9 COM) dan pin 20 ( DB25 PBX) disambungkan dengan pin 6
dan 8 ( DB9 COM) .
8
Format 2 DB25 to DB25:
DB25 ( PBX)  = = = = = = = = = = =  DB25 ( COM)
2 ( TXD)  = = = = = = = = = = =  3 ( RXD)
3 ( RXD)  = = = = = = = = = = =  2 ( TXD)
5 ( CTS)  = = | = = = = = = = =  20 ( DTR)
6 ( DSR)  = = | | = =  5 ( CTS)
20 ( DTR)  = = = = = = = = | = =  6 ( DSR)
7 ( GND)  = = = = = = = = = = =  7 ( GND)
Note: Pin 5 dan 6 ( DB25 PBX) disambungkan ke pin 20 ( DB25 COM) dan pin 20 ( DB25 PBX) disambungkan dengan pin 5
dan 6 ( DB25 COM) .
Format 3 DB9 to DB25:
DB9 ( PBX)  = = = = = = = = = = =  DB25 ( COM)
2 ( RXD)  = = = = = = = = = = =  2 ( TXD)
3 ( TXD)  = = = = = = = = = = =  3 ( RXD)
8 ( CTS)  = = = | = = = = = = =  20 ( DTR)
6 ( DSR)  = = = | | = =  5 ( CTS)
4 ( DTR)  = = = = = = = = | = =  6 ( DSR)
5 ( GND)  = = = = = = = = = = =  7 ( GND)
Note: Pin 6 dan 8 ( DB9 PBX) disambungkan ke pin 20 ( DB25 COM) dan pin 4 ( DB9 PBX) disambungkan dengan pin 5 dan
6 ( DB25 COM) .
Format 4 DB9 to DB9:
DB9 ( PBX)  = = = = = = = = = = =  DB9 ( COM)
2 ( RXD)  = = = = = = = = = = =  3 ( TXD)
3 ( TXD)  = = = = = = = = = = =  2 ( RXD)
8 ( CTS)  = = = | = = = = = = =  4 ( DTR)
6 ( DSR)  = = = | | = =  8 ( CTS)
4 ( DTR)  = = = = = = = = | = =  6 ( DSR)
5 ( GND)  = = = = = = = = = = =  5 ( GND)
Note: Pin 6 dan 8 ( DB9 PBX) disambungkan ke pin 4 ( DB9 COM) dan pin 4 ( DB9 PBX) disambungkan dengan pin 6 dan 8
( DB9 COM) .
Jika menggunakan kabel isi 4 maka konfigurasinya adalah
PBX DB9 / DB25  = = = = = = = = = = =  COM DB9 / DB25
RXD  = = = = = = = = = = =  TXD
TXD  = = = = = = = = = = =  RXD
CTS  = = = | = = = = = = =  DTR
DSR  = = = |
GND  = = = = = = = = = = =  GND
9
Jika menggunakan kabel isi 3 maka konfigurasinya adalah
PBX DB9 / DB25  = = = = = = = = = = =  COM DB9 / DB25
TXD  = = = = = = = = = = =  RXD
CTS  = = = | = = = = = = =  DTR
DSR  = = = |
GND  = = = = = = = = = = =  GND
Full Handshaking
Format 1 DB25 to DB9:
DB25 ( PBX)  = = = = = = = = = =  DB9 ( COM)
2 ( TXD)  = = = = = = = = = =  2 ( RXD)
3 ( RXD)  = = = = = = = = = =  3 ( TXD)
6 ( DSR)  = = = = = = = = = =  4 ( DTR)
4 ( RTS)  = = = = = = = = = =  8 ( CTS)
5 ( CTS)  = = = = = = = = = =  7 ( RTS)
20 ( DTR)  = = = = = = = = = =  6 ( DSR)
7 ( GND)  = = = = = = = = = =  5 ( GND)
Format 2 DB25 to DB25:
DB25 ( PBX)  = = = = = = = = = =  DB25 ( COM)
2 ( TXD)  = = = = = = = = = =  3 ( RXD)
3 ( RXD)  = = = = = = = = = =  2 ( TXD)
6 ( DSR)  = = = = = = = = = =  20( DTR)
4 ( RTS)  = = = = = = = = = =  5 ( CTS)
5 ( CTS)  = = = = = = = = = =  4 ( RTS)
20 ( DTR)  = = = = = = = = = =  6 ( DSR)
7 ( GND)  = = = = = = = = = =  7 ( GND)
Format 3 DB9 to DB25:
DB9 ( PBX)  = = = = = = = = = =  DB25 ( COM)
3 ( TXD)  = = = = = = = = = =  3 ( RXD)
2 ( RXD)  = = = = = = = = = =  2 ( TXD)
6 ( DSR)  = = = = = = = = = =  20( DTR)
7 ( RTS)  = = = = = = = = = =  5 ( CTS)
8 ( CTS)  = = = = = = = = = =  4 ( RTS)
4 ( DTR)  = = = = = = = = = =  6 ( DSR)
5 ( GND)  = = = = = = = = = =  7 ( GND)
Format 4 DB9 to DB9:
DB9 ( PBX)  = = = = = = = = = =  DB9 ( COM)
3 ( TXD)  = = = = = = = = = =  2 ( RXD)
2 ( RXD)  = = = = = = = = = =  3 ( TXD)
6 ( DSR)  = = = = = = = = = =  4 ( DTR)
7 ( RTS)  = = = = = = = = = =  8 ( CTS)
8 ( CTS)  = = = = = = = = = =  7 ( RTS)
4 ( DTR)  = = = = = = = = = =  6 ( DSR)
5 ( GND)  = = = = = = = = = =  5 ( GND)
10
Konfigurasi Kabel untuk Telephone Billing System pada Beberapa type PBX:
1. Type A Series Panasonic
1 ( Blue/ Biru)  = = = = = =  pin 7  = = = = =  pin 5
2 ( White/ Putih)  = = = = = =  pin 3  = = = = =  pin 2
3 ( Brown/ Coklat)  = = = = = =  pin 20  = = = = =  pin 4
4 ( Black/ Hitam)  = = = = = =  pin 6  = = = = =  pin 6
2. Type HB/ TDN Panasonic
Half Handshaking format 1 atau 2
Half handshaking kabel isi 4 atau 3
Full Handshaking format 1 atau 2
3. Type XH Series Panasonic
Half Handshaking format 1 atau 2
Half handshaking kabel isi 4 atau 3
Full Handshaking format 1 atau 2
4. Type New KXT Series Panasonic
Half Handshaking format 3 atau 4
Half handshaking kabel isi 4 atau 3
Full Handshaking format 3 atau 4
5. AT& T / NEC / Alcatel
Full Handshaking format 1 atau 2
6. GoldStar/ Samsung/ Hyundai/ Nitsuko
Half Handshaking format 1 atau 2
Half handshaking kabel isi 4 atau 3
Full Handshaking format 1 atau 2
7. Merk LainLihat buku manual PBX Anda.
11
INSTALASI
Telephone Billing System dYNAMITE® terdiri :
- Disk No. 1 yaitu disk Setup
- Disk lain adalah disket Program
PERHATIAN! ! !
Untuk Windows 98 warna layar minimum harus 256 Warna.
Cara Setting Layar dapat dilihat pada hal.
PROSES INSTALASI
• Masukkan disk No. 1 kedalam CdRoom
• Geser posisi pointer mouse pada Tombol [ Start] , Klik mouse, geser pointer mouse pada Menu [ Run] , Klik mouse, dan
kemudian akan keluar gambar seperti di bawah ini:
• Browse CDroom Open Disk1 Setup
• Klik OK
• Setelah itu akan keluar pesan Welcome, yang akan memulai instalasi. Klik tombol [ Next] atau Klik ENTER pada
keyboard.
Menu [ Run]
Tombol [ Start]
12
Catatan: Untuk membatalkan instalasi Klik tombol [ Cancel] .
• User Information : Informasi User, ubahlah jika perlu, Klik tombol [ Next] atau Klik ENTER pada keyboard
• Choose Destination Location pilihlah lokasi program directory jika perlu. Directory Standar adalah C: Program
Filesdynamite. Klik tombol [ Next] atau tombol Enter pada keyboard untuk melanjutkan.
• Select Program Folder : Memilih folder program pada menu windows. Folder standar adalah dyna302, ubahlah jika
perlu. Untuk melanjutkan Klik tombol [ Next] atau tombol ENTER pada keyboard.
Setup Complete :
Instalasi selesai. Klik 1 x pada tulisan [ Yes, Launch the program file] sampai kotak kecil disebelahnya ditandai oleh
tanda  . Klik tombol [ Finish] untuk menjalankan program dYNAMITE® .
13
Catatan: Jika setelah menekan tombol [ Finish] program dYNAMITE® tidak muncul, cobalah dengan menjalankannya
melalui Menu [ START] -[ PROGRAM] -[ StartUP] -NTSMDR.
PERHATIAN! ! !
Setelah selesai instalasi, Keluar dari Windows, Logout, dan Restart.
14
SETUP PROGRAM
Password Supervisor awal adalah : 1 ( angka satu) .
Untuk Mengakses menu, anda harus login terlebih dahulu. Klik pada Menu [ File] -[ Log In] , kemudian masukkan Password.
Setting password lihat pada hal.24.
Parameter Setting:
Parameter Setting digunakan untuk mengubah Konfigurasi Port Serial dan mengubah Konfigurasi Format data serial PABX.
Peringatan! ! !
Jangan mengubah data yang ada pada Parameter Setting, jika anda tidak mengetahui konfigurasi port serial dan
konfigurasi data SMDR PABX, karena akan mengakibatkan data dari PABX tidak dapat diterima!
Setup Port Serial:
• COM Port:
Port Serial. Program dYNAMITE® dapat menggunakan port serial 1-4( COM1 sampai COM4) . Klik pada port serial yang
digunakan.
Jika port serial dapat digunakan maka pada Status Bar tertulis connected, jika port serial telah digunakan oleh program
lain atau tidak dapat di buka maka pada Status Bar tertulis Error could not connect. Check COM Port setting and try
again.
• Baud Rate:
Adalah kecepatan pengiriman data serial, Pilihlah baudrate sesuai dengan program PABX/ key telephone. Biasanya
baudrate yang digunakan adalah 600, 1200, 2400, 4800 dan 9600.
• Parity:
Adalah pemeriksaan data serial terhadap jumlah bit 1 atau bit 0. Pilihlah parity sesuai dengan program PABX/ key
telephone.
• Data bit:
Adalah panjang satu character data. Pilihlah data bit sesuai dengan program PABX/ key telephone.
• Stop bit:
Adalah bit yang menandai akhir dari satu data. Pilihlah stop bit sesuai dengan program PABX/ key telephone.
15
• End of Line Char:
Adalah karakter terakhir yang dikirimkan PABX/ Key telephone.
Karakter terakhir:
10 : berlaku untuk sebagian besar PABX/ key telephone
13 : Untuk Samsung COREX
03: Untuk NEC
• Handshaking
Adalah Handshaking yang digunakan dalam komunikasi serial.
Handshaking:
• None: berlaku untuk sebagian besar PABX
• RTS/ CTS: hardware handshaking, digunakan untuk NEC, Siemen, NT.
• XON/ XOF: Software Handshaking
• RTS/ CTS + XON/ XOF: Hardware & Software Handshaking.
Receive Until End Char:
Aktifkan pilihan ini jika anda menginginkan penerimaan data ditampilkan setelah karakter terakhir diterima. Pilihan ini
untuk mencek apakah End of Line Char sudah benar.
Perhatian! ! !
Jika data belum diterima jangan mengaktifkan pilihan ini! Karena jika terjadi kesalahan pada end of line char, maka data
tidak akan ditampilkan pada kotak receive sampai character End of Line diterima.
Setelah selesai mengubah konfigurasi port serial, maka Kliklah tombol [ Disconnect] setelah itu Kliklah tombol
[ Connect] . Program parameter setting sudah siap menerima data serial dari PABX. Cobalah melakukan panggilan
keluar ( telepon) , sampai pada kotak receive dibawah tulisan [ receive] keluar data dari PABX.
Perhatian! ! ! :
• Jika setelah melakukan panggilan keluar data PABX tetap tidak keluar, maka periksalah program PABX, hubungan
kabel serial, Card Serial pada Komputer, Card Serial pada PABX. Gunakan Tester RS-232 untuk memeriksa
hubungan antara PABX dan komputer.
• Lihatlah pada Status Bar, kotak yang paling bawah, harus tertulis connected. Jika tertulis ‘ Error could not connect.
Check COM Port setting and try again’ berarti port serial telah digunakan oleh program lain, ubahlah port serial dengan
benar.
• Jika pada Status Bar tertulis ‘ The hardware detected a framing error’ atau ‘ The hardware detected a parity error’
berarti pengisian baudrate, databit, parity, stopbit belum benar.
Setup Konfigurasi data SMDR PABX:
Setiap merk bahkan tipe PABX/ key telephone, memiliki format data SMDR sendiri. Program Telephone Billing System
harus diajari supaya ia mengenali format data SMDR dari PBX/ key telephone yang digunakan.
16
Berikut ini adalah beberapa contoh dari format SMDR PABX/ key telephone:
PANASONIC HB-616:
1/ 24/ 00 3: 31PM 12 1 022525236 00: 00' 32 " ....
1/ 25/ 00 3: 47PM 12 1 081671125255 00: 00' 44 " ....
1/ 25/ 00 6: 52PM 12 1 555111222 00: 00' 43 " ....
PANASONIC XH Series
09/ 22/ 97 04: 43PM 1 E192 T2106 192 8840877 00: 04' 57
09/ 22/ 97 04: 46PM 1 E706 T2085 706 5724182 00: 01' 48
PANASONIC A Series
50 06 3814530 3.15-05: 53 5' 20 "
70 13 08161969634 3.15-06: 14 1' 16 "
AUTO SETUP Konfigurasi Data PABX
Program dYNAMITE® telah mempunyai automatic setting untuk beberapa jenis PABX. Untuk melakukan AUTO SETUP:
• Klik Mouse pada Window AutoSetup kemudian klik Mouse pada PABX yang digunakan. Setelah itu Klik Mouse pada
tombol [ LOAD] .
• Untuk menyimpan data parameter setting lihat pada hal.20
17
MANUAL SETUP Konfigurasi Data PABX
Terlihat bahwa masing-masing PABX/ key telephone mempunyai posisi data yang berbeda-beda
satu sama lain. Pada Parameter Setting format data yang diubah adalah:
• Start Date : Posisi , Panjang & FormatTanggal.
Beberapa format Tanggal yang ada adalah:
NO DATE : No Date digunakan jika PABX tidak mengirimkan data tanggal seperti Nitsuko Nice288.
MM/ DD : Format bulan dan tanggal.
MM/ DD/ YY: Format bulan, tanggal dan tahun
MMDD: Format bulan dan tanggal tanpa pemisah.
MM DD: Format bulan dan tanggal.
DD MMM: Format MMM digunakan untuk tanggal yang menggunakan 3 digit huruf.
( JAN, FEB, MAR, APR, MAY, JUN, JUL, AUG, SEP, OCT, NOV, DEC) .
Perhatian! ! !
• Untuk tanggal dibawah bulan 10 data 0 pertama kadang-kadang2 tidak ditampilkan. Isi Posisi Tanggal pada posisi
data pertama!
• Panjang Tanggal tergantung dari format tanggal yang digunakan.
• End Date: Posisi Tanggal akhir. Posisi tanggal akhir diisikan untuk PABX NEC yang menggunakan Start Date dan End
Date. Untuk PABX Lain End Date diisi 0.
• Start Time : Posisi , Panjang, Format Waktu data SMDR.
Beberapa format Waktu yang digunakan:
• No Time : Untuk mengambil data waktu dari komputer.
• HH: MM: SSPM
• HH: MM: SS PM
• HH: MM: SS
• HH: MMPM
• HH: MM PM
• HH: MM
Contoh-contoh format Waktu:
Data
Waktu
Panjang Format
_5: 00AM 7 HH: MMPM
_5: 00 AM 8 HH: MM
PM
14: 05 5 HH: MM
_4: 05 5 HH: MM
150203 4 HHMMSS
18
Perhatian! ! !
• Untuk waktu dibawah jam 12, data 0 pertama tidak ditampilkan. Isikan posisi waktu mulai dari data pertama!
• Panjang waktu tergantung dari format waktu.
• End Time : Posisi akhir Waktu data SMDR, untuk PABX NEC. Untuk PABX yang lain isikan 0.
• Extension : Posisi , Panjang, Format Extension. Format Extension pada PABX XH Series adalah E. Untuk PABX NT
adalah DN
• Trunk : Posisi & Panjang Line Telpon. Format Trunk pada PABX XH dan NT adalah T.
• CD : Posisi, Panjang & Format Code Transfer. Untuk PABX NT format CD adalah: NORM= ' N' , ' S' . Untuk Aseries format
CD adalah: ASERIES= .Kosongkan jika tidak diperlukan.
• Call Type : Posisi, Panjang Code Incoming Call/ Code Intercom/ Internal Call.
1. Isikan Format Code Incoming pada kotak Incoming Code.
2. Isikan Format Code Intercom/ Internal Call pada kotak Intercom.
Perhatian! ! !
Jika data Incoming dikirim oleh PABX maka Format Code Incoming & Code Intercom Harus Diisi! Misalkan format Code
Incoming untuk PANASONIC HB-616. Diisi . Format Code Intercom diisi INT.
• Dial : Posisi & Panjang Dial
• Duration : Posisi , Panjang & Format Durasi
Format Durasi:
1. H : Jam
2. M : Menit
3. S : Detik
4. T : 10 detik
Perhatian! ! !
Untuk A-Series: Format Durasi A-Series adalah HH: MM: SS, Aseries tidak menampilkan data Jam & Menit jika panggilan
tidak melebihi satu menit. Jadi Posisi Durasi harus diperhitungkan dari Posisi awal jam. Untuk A-Series Posisi Durasi= 50
• Account : Posisi & Panjang Account Code
• SMDR Length : Panjang Data SMDR. Panjang data SMDR adalah panjang data minimum yang dianggap benar oleh
program. Jika panjang data yang dikirimkan oleh PABX kurang dari panjang SMDR Length maka data dianggap tidak
valid ( tidak benar) .
Perhatian! ! !
Harap diperhatikan panjang data minimum untuk format data SMDR yang mempunyai panjang yang berbeda-beda.
Isikan posisi panjang Data SMDR pada posisi minimum data yang dianggap benar.
• Data Type : Posisi & Panjang line Data ( ISDN)
Isikan Format Data Type pada kotak Data Type Code.
Misalkan untuk PABX Siemen Data Type Code adalah DTE
19
Posisi Panjang Format Kotak Receive
Cara Pengisian Format Data SMDR Secara Manual
Cara mengisikan Posisi , Panjang & format :
1. Misalkan untuk mengisikan posisi , panjang & Format Tanggal.Klik Mouse pada Lingkaran disebelah kiri Start Date.
2. Klik Mouse pada posisi bulan pertama di Kotak Receive. Tekan tombol [ SHIFT] pada keyboard, tahan. Kemudian Klik
pada posisi akhir tanggal. Program akan menghitung posisi dan panjang disimpan pada kotak disebelah kanan Tulisan
Start Date. Kotak posisi & panjang juga dapat langsung diisi dengan menggunakan keyboard.
3. Untuk mengisikan posisi & panjang yang lain Klik Mouse pada lingkaran yang bersangkutan. Kemudian ulangi langkah
ke 2 untuk posisi & panjang yang lain.
4. Untuk mengisikan format, Klik mouse pada kotak format dan isikan data format yang benar.
Tombol-Tombol pada paramater Setting:
1. Connect : Untuk mengaktifkan port serial.
2. Disconnect : Untuk menonaktifkan port serial.
3. Refresh : Untuk merefresh setting port serial.
4. Save : Untuk menyimpan data parameter setting.
5. Quit : Keluar.
6. Copy : Untuk mengambil Karakter terakhir PABX, klik mouse pada karakter terakhir di kotak receive. Kemudian klik
tombol [ COPY] .
7. Clear : Data yang sudah tertera pada kotak Receive, dapat dihapus dengan menggunakan tombol [ CLEAR] .
20
8. Clipboard : Tombol ini digunakan jika ingin mengisi kotak receive dengan mengkopi data dari Notepad atau Word
Processing Windows lainnya. Untuk mengkopi data dari text file, gunakan Notepad. Buka file data yang diinginkan pada
direktori C: Progra~ 1DYNAMITETEXT. Pilih Satu baris data yang diinginkan. Tekan tombol [ CTRL] + [ C] . Setelah itu
tekan tombol clipboard.
Penyimpanan data Parameter Setting:
Data Parameter Setting harus disimpan setelah Pengisian. Klik tombol [ Save] untuk menyimpan parameter setting.
Untuk keluar dari parameter setting Klik tombol [ QUIT] atau tombol [ X] yang ada pada kanan atas.
Setelah itu program siap untuk menerima data dari PABX. Klik Menu View Maximized untuk melihat data-data yang masuk
dari PABX.
21
DATABASE
Menu Database digunakan untuk:
1. Setup Extension
2. Setup Tenant
3. Setup Line
4. Setup Zone
5. Setup Holiday
6. Setup Phone Books
7. Setup Password
8. Setup Parameter/ Company
Tombol-tombol yang digunakan :
Pertama Terakhir Hapus Simpan Refresh
Sebelum Sesudah Tambah Edit Batal
1. Pertama : untuk pindah ke record( data) pertama. Keyboard= tombol [ CTRL] + [ HOME] .
2. Sebelum : untuk pindah ke record sebelumnya. Keyboard= tombol panah atas.
3. Sesudah : untuk pindah ke record sesudahnya. Keyboard= tombol Panah Bawah.
4. Terakhir: untuk pindah ke record sesudahnya. Keyboard= tombol [ CTRL] + [ END]
5. Tambah: untuk menambah record baru. Keyboard= tombol [ Insert] atau tombol panah bawah pada record terakhir.
6. Hapus: untuk menghapus record. Keyboard= tombol [ CTRL] + [ Del] .
7. Edit: untuk melakukan perubahan data.
8. Simpan: untuk menyimpan data yang telah diisi. Jika kita pindah ke record lain data akan otomatis disimpan.
9. Batal: untuk membatalkan data yang telah diedit. Keyboard= tombol [ ESC] .
10. Refresh: untuk merefresh data, jika ada perubahan data.
22
Sorting:
Untuk melakukan pengurutan data berdasarkan field tertentu, klik pada nama field. Misalkan untuk melakukan pengurutan
terhadap field Name pada setup extension, klik pada field NAME ( field title) .
Setup Extension
Adalah setup untuk pengisian extension-extension yang terdapat pada PABX.
Field-field yang terdapat pada extension:
1. Ext : Nomor Extension
2. Name : Nama Extension
3. Division : Divisi
4. Account : Account Code. Jika tidak menggunakan account code, kosongkan.
5. Ratemul : pengalian harga dari harga standard pada setiap call. Jika diinginkan harga yang tidak standar pada salah
satu extension. Misalkan diinginkan kenaikan harga 1, 5kali pada salah satu extension, maka isikan 1.5 pada
extension tersebut.
6. Admin : penambahan harga dari harga standar pada setiap call. Jika diinginkan penambahan harga masukan harga
yang diinginkan. Jika tidak masukan nilai nol.
7. Hide : Isikan False jika extension akan dimasukan dalam laporan. Isikan True jika extension tidak dimasukan dalam
laporan. Lihat Setting Laporan pada EXTHide.
8. Tenant : Jika dalam satu PABX/ key telephone terdapat dua perusahaan yang berbeda, masukan code tenant sesuai
dengan yang diinginkan. Lihat Setting Tenant untuk memasukan kode tenant.
9. Room : Kamar, digunakan pada versi hotel.
10. Guest : Tamu, digunakan pada versi hotel.
11. Operator : isikan False = extension biasa. True sebagai tanda bahwa extension ini merupakan operator.
Perhatian! ! !
Tanda operator ini juga berguna untuk sentral A-Series dimana pada sentral A-Series setiap call keluar akan
dibebankan pada orang yang pertama kali melakukan call tersebut. Dengan menyatakan extension tersebut operator,
maka extension tersebut dapat membebankan telepon tersebut pada extension lain.
Misalkan extension 20 meminta operator untuk menelpon nomor 5659439. Maka operator dapat membebankan call
tersebut pada extension 20 dengan mendial 5659439* 20.
12. Auto Print: Untuk menset autoprint: 1. Ubah field GUEST menjadi TRUE, 2. Isi Field AutoPrint: A untuk semua call,
S untuk SLJJ& SLI, I untuk SLI saja.
2. Setup Tenant
Jika dalam satu PABX terdapat dua buah tenant/ Perusahaan, maka laporan dapat dipisahkan antara tenant satu
dengan yang lainnya.
Field-field yang terdapat pada tenant:
• Code : Code Tenant.
• Name : Nama Tenant.
3. Setup Line
Pengisian Data Nomor Telpon
Field-field yang terdapat pada Line:
1. Number : Code Line yang terdapat pada data SMDR
2. Name : Nomor Line Telkom
3. CO Type : Isikan CO jika Line dihubungkan dengan Line Telkom. Isikan PBX jika Line dihubungkan dengan PABX/
key telephone.
4. CO Access : Untuk line yang dihubungkan dengan PABX/ key telephone isikan Access CO dari PABX/ Key
telephone.
5. Calculated : Isikan True jika call keluar dari line tersebut akan dihitung. isikan false jika call keluar dari line tersebut
tidak ingin di hitung ( Data tidak disimpan dalam database! )
23
Setup Zone
Setup Zone digunakan untuk mengubah pulsa, harga, reduksi pulsa lokal, sljj, internasional, hp, special call, intercom,
data.
Langkah-langkah setup zone:
1. Pilihlah setup yang diinginkan dengan memilih tipe yang diinginkan ( lokal, sljj( long distance) , SLI, Handphone,
Special Call, Intercom, Data) .
2. Ubahlah data yang ada pada tabel Cost dan Discount Rate ( Reduksi) .
Field-field yang terdapat pada tabel Cost:
1. Call Code : code tipe call. ( 0= lokal , 1= sljj , 2= sli , 3= Handphone , 5= Special Call , 6= Intercom, 7= Data)
2. Code : code nomor awal
3. Name : nama tujuan
4. Zone : zone
5. Hide Digit : Isikan True jika anda tidak ingin menampilkan digit-digit setelah nomor telepon yang dituju, seperti kartu
Kring 12000.
Field-field yang terdapat pada table Discount Rate:
1. Call Code : code tipe call. ( 0= lokal , 1= sljj , 2= sli , 3= Handphone , 5= Special Call , 6= Intercom, 7= Data)
2. Zone : Zone
3. Day : Hari, 0= hari biasa, 1-7= hari minggu – sabtu, 8= hari libur.
4. Start Time : Jam permulaan discount rate.
5. End Time : Jam akhir discount rate.
6. Duration : durasi per pulsa.
7. Cost : Tarif per pulsa.
8. Air Time Dur : durasi Airtime.
9. Air Time Cost : Tarif Airtime.
10. Con Dur : Durasi Koneksi. ( Minimum Charge duration) .
11. Con Cost : Biaya koneksi. ( Minimum Charge) .
12. Guest Profit : % Penambahan biaya .
13. Home Metering : Isikan TRUE Untuk PABX yang menggunakan 16KC, pulsa dihitung dari field pulsa. Isikan FALSE
untuk PABX yang lain.
4. Setup Holidays
Setup Hari Libur.
Field-field yang terdapat pada setup holidays:
1. Date : Tanggal
2. Description : Keterangan
5. Setup Phonebooks
Setup Phonebooks/ Pelanggan, digunakan untuk mengubah tujuan menjadi nama perusahaan/ orang. Setup
phonebooks ini juga dapat digunakan untuk membedakan apakah nomor tersebut merupakan nomor yang berhubungan
dengan kantor atau merupakan nomor-nomor pribadi. Data yang tidak dimasukan kedalam phonebooks akan dianggap
sebagai nomor pribadi. Phonebooks ini sangat bermanfaat untuk mengetahui berapa banyak call pribadi yang terjadi.
24
Field-field yang terdapat pada phonebooks:
1. Tel Num : Nomor Telepon
2. Name : Nama Perusahaan / Orang
3. Address 1 : Alamat 1
4. Address 2 : Alamat 2
5. Contact : Contact Person
6. Status : Isikan O jika nomor telepon ini merupakan nomor telepon yang berhubungan dengan kantor, Isikan P jika
nomor telepon ini merupakan nomor telepon pribadi.
6. Setup Password
Level password dibedakan menjadi tiga, yaitu :
1. Level 1: Hanya bisa melakukan Print Lines, Phone Books & Holiday ( Code Default= LVL1)
2. Level 5: Bisa mengisi data phonebooks, Print, dan mencetak laporan. ( Code Default= LVL5)
3. Level 10: Level Supervisor ( Code Default= 1)
Field-field yang terdapat pada password:
1. Password : Kode Password
2. Name : Nama
3. Level : Level
7. Setup Parameter
Setup parameter digunakan untuk mengubah nama, alamat, nomor telepon perusahaan dan Minimum durasi lokal, sljj,
sli.
Perhatian! ! !
• Kebanyakan PABX tidak mengetahui apakah suatu call/ telepon berhasil atau tidak. PABX hanya mengetahui bahwa
seseorang telah melakukan panggilan selama waktu tertentu.
Untuk mengatasi hal tersebut maka program menganggap bahwa panggilan dengan durasi lebih besar dari minimum
durasi yang telah ditentukan adalah call/ panggilan yang berhasil. Telephone billing system dYNAMITE® membedakan
minimum durasi untuk lokal, interlokal dan sli.
• Untuk PABX yang mampu mengetahui apakah suatu panggilan berhasil atau tidak minimum durasi diisikan nilai 0.
25
REPORT ( LAPORAN)
[ Database] -[ Report]
Menu Laporan dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Laporan yang Dapat dicetak adalah:
• Outgoing:
1. Extension :
• Summary: Laporan telepon total per extension.
• Detail: Laporan telepon detail berdasarkan extension.
2. Account
• Summary: Laporan telepon total per code account.
• Detail: Laporan telepon detail berdasarkan code account.
3. Division
• Summary: Laporan telepon total per divisi.
• Detail: Laporan telepon detail berdasarkan divisi.
4. Line
• Summary: Laporan telepon total per line telepon.
• Detail: Laporan telepon detail berdasarkan line telepon.
• Incoming
• Summary: Laporan telepon masuk total per extension.
• Detail: Laporan telepon masuk detail per extension.
26
Pilihan:
1. Local: mencetak telepon lokal.
2. Long Distance/ SLJJ: mencetak telepon sljj.
3. International/ SLI: mencetak telepon sli.
4. Handphone: mencetak telepon handphone.
5. Special Call: mencetak telepon special call.
6. Intercom: mencetak telepon intercom.
7. Data: mencetak telepon data ( ISDN) .
8. Print Office Call: mencetak telepon kantor.
9. Print Personal Call: mencetak telepon pribadi.
10. Hide Extensions: tidak mencetak extension yang mempunyai setting ExtHide= True
11. Page Break: memisahkan halaman antara group satu dengan yang lainnya. Misalkan untuk laporan berdasarkan
extension, maka setiap extension akan dicetak pada halaman yang berbeda, untuk laporan berdasarkan divisi, maka
setiap divisi akan dicetak pada halaman yang berbeda.Berlaku hanya pada laporan detail.
Untuk me-non-aktif-kan pilihan Klik pada kotak sebelah kiri pilihan sampai kotak menjadi kosong ( tanda  hilang) .
Filter/ Pembatasan
Filter digunakan untuk melakukan pencarian/ pembatasan laporan terhadap :
1. Duration: mencari/ membatasi laporan pada panggilan yang melebihi durasi tertentu.
2. Phone Number: mencari/ membatasi laporan pada panggilan ke nomor-nomor tertentu.
Misalkan:
untuk mencari nomor telepon dengan kepala 565, isikan 565% .
untuk mencari nomor-nomor telepon dengan akhiran 39 isikan % 39.
Untuk mencari nomor-nomor telepon yang mengandung 94 isikan % 94%
3. Cost: mencari/ membatasi laporan yang melebihi cost/ harga tertentu.
4. Time: mencari/ membatasi laporan yang terjadi setelah jam tertentu. Fungsi ini berguna untuk mencetak laporan
penggunaan telepon yang terjadi setelah jam kantor.
Contoh cara membuat laporan:
• Laporan Total per Extension Dalam 1 bulan.
1. Klik Lingkaran disebelah kiri tulisan extension.
2. Masukkan Extension awal, Extension akhir dengan meng Klik tanda segitiga pada kotak disebelah kanan tulisan
From, To. Untuk seluruh extension kosongkan kotak disebelah kanan tulisan From, To.
3. Isikan Tanggal mulai & tanggal akhir. Default tanggal adalah tanggal hari ini.
4. Cara mengisikan tanggal dapat dilihat pada hal. 33.
5. Isikan Jam awal dan Jam akhir jika diinginkan .
6. Isikan Tenant yang akan dicetak. Untuk seluruh tenant kosongkan kotak disebelah kanan tulisan tenant.
7. Pada Call Type, Klik lingkaran disebelah kiri Outgoing.
8. Pada Report Type, Klik Lingkaran disebelah kiri Summary.
9. Setelah itu klik tombol Preview untuk melihat pada layar hasil pencetakan. Tombol-tombol layar preview dapat dilihat
pada hal. 32. Atau klik tombol Print untuk langsung mencetak laporan.
• Laporan Detail Extension dalam 1 bulan.
Caranya sama seperti no.1 diatas, hanya pada Report Type, Klik Lingkaran disebelah kiri Detail.
27
• Laporan Total per Extension dalam 1 bulan yang mempunyai durasi lebih dari 30menit.
Caranya sama seperti no.1 diatas, hanya isikan limit durasi = 00: 30: 00 ( hh: mm: ss) .
• Laporan Total per Extension dalam 1 bulan untuk panggilan Interlokal, International, Handphone.
Caranya sama seperti no.1 diatas, hanya pada pilihan, Klik kotak disebelah kiri tulisan lokal sampai tanda  hilang.
• Laporan Total per Extension dalam 1 bulan untuk call/ panggilan pribadi.
Caranya sama seperti No.1 diatas, klik pada pilihan Print Office Calls sampai tanda  hilang.
28
MAINTENANCE
1. Recalculate. [ File] -[ Recalculate]
Recalculate digunakan untuk menghitung kembali data-data yang telah masuk. Recalculate digunakan jika terjadi
perubahan-perubahan pada:
• Setting Extension
• Setting Zone
• Setting Holiday
• Setting Phone Book
Masukkan tanggal mulai dan tanggal akhir. Kemudian Klik tombol [ OK] untuk memulai atau [ CANCEL] untuk
membatalkan.
2. Restore From Text File. [ File] -[ Restore From Text File]
Restore From Text File digunakan untuk mengambil kembali data dari file Data.Txt.
Restore From Text File ini digunakan jika terjadi kerusakan pada database yang tidak dapat diperbaiki lagi. Untuk
mengatasi hal ini pertama-tama uninstall program, hapus data.db & data.px, kemudian install program kembali. Baru
lakukan restore from text file.
3. Edit Table. [ Database] -[ Maintenance] -[ Edit Table]
Edit table digunakan untuk melakukan megedit/ mengubah data dari telephone billing system.Tombol-tombol yang
digunakan dapat dilihat pada hal Error! Bookmark not defined..
4. Backup.[ Database] -[ Maintenance] -[ Backup]
Backup digunakan untuk membackup table data dari Tanggal Mulai ( Start Date) sampai tanggal akhir ( End Date) ke
table tujuan ( destination table) . Cara-cara mengisikan tanggal dapat dilihat pada hal.33.
29
Untuk Melakukan backup.
• Isikan tanggal mulai, atau Klik pada tanda segitiga disebelah kanan.
Tanggal mulai
Tanggal akhir
Table tujuan
• Masukkan nama table tujuan pada kotak sebelah kanan destination table. Atau Klik tombol ambulan untuk memilih
direktory backup dan nama file backup.
• Setelah selesai Klik tombol [ OK] untuk memulai, atau [ Cancel] untuk membatalkan.
5. Restore.[ Database] -[ Maintenance] -[ Restore]
Restore digunakan untuk mengembalikan data yang telah dibackup ke tabel data.
Masukkan tanggal mulai ( Start Date) dan tanggal akhir ( End Date) , kemudian isikan nama file yang akan direstore
pada kotak disebelah kanan source tabel.
Klik tombol [ OK] untuk memulai atau tombol [ Cancel] untuk membatalkan.
6. Delete.[ Database] -[ Maintenance] -[ Delete]
Delete digunakan untuk menghapus data yang ada pada tabel data.
Masukkan tanggal mulai ( Start Date) dan tanggal akhir ( End Date) data yang akan dihapus.
Klik tombol [ OK] untuk memulai atau tombol [ Cancel] untuk membatalkan.
7. REINDEX.[ Tools] -[ Reindex]
Reindex digunakan jika terjadi kerusakan pada index. Seperti ~ Index is out of date~ , ~ Index does not exists~ ,
~ Corrupt Index~ .
8. PACK DATABASE.[ Tools] -[ Pack Database]
Pack Database digunakan untuk membuang data-data yang tidak diperlukan lagi didalam database dan memperbaiki
jika ada kerusakan dalam Database, sehingga table akan menjadi lebih kecil ukurannya dan lebih cepat aksesnya.
Gunakan PACK Database setelah menghapus ( Delete) data atau jika terjadi kerusakan pada database.
Untuk melakukan PACK Database Klik pada menu [ Tools] – [ Pack Database] , atau Jalankan file RBLD.EXE yang ada
pada direktori C: Progra~ 1dynamite ( Default directory) secara manual.
Perhatian! ! !
Untuk menjalankan program RBLD.EXE maka anda harus keluar dari program dYNAMITE® .
30
Tampilan RBLD.EXE
Untuk melakukan Pack Database secara manual:
1. Pilih database  By alias
2. Select alias  BILLING
3. Rebuild Scope:
• Don’ t rebuild : Hanya memeriksa apakah ada kerusakan pada database.
• Rebuild Corrupted tables : Membangun kembali table yang rusak.
• Rebuild all tables : Membangun kembali seluruh table.
Pilihlah Rebuild Corrupted tables, jika terjadi kerusakan pada table.
4. Klik Pack tables sampai pada kotak sebelah kiri tulisan pack tables terdapat tanda  .
5. Klik pada tombol [ START] untuk memulai pemeriksaan atau perbaikan database.
6. Jika pada pemeriksaan atau perbaikan terdapat kerusakan/ kesalahan maka akan ditampilkan pada [ Error] .
31
Perhatian! ! !
Jika terdapat pesan Error DATABASE in Use atau Table is busy , berarti masih ada program yang sedang mengakses
database tersebut. Matikan seluruh program yang mengakses database billing.
7. Copy Database.[ Tools] -[ Copy Database]
Copy Database digunakan untuk mengkopi database dari direktori C: Progra~ 1dynamiteData ke direktori lain.
Gunakan copy database untuk membackup seluruh tabel yang ada pada database. Gunakan copy database untuk
membackup database pada saat menginstall ulang program.
32
LAIN-LAIN
Preview
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15
Halaman Jumlah Halaman
Tombol-tombol pada layar preview:
1. Zoom to fit: Menampilkan Ukuran 1 halaman penuh pada layar.
2. Zoom to 100% : Menampilkan Ukuran sebenarnya pada layar.
3. Zoom to Page Width: Menampilkan Ukuran sebesar lebar kertas pada layar.
4. First Page: Ke halaman pertama.
5. Previous Page: Ke halaman sebelumnya.
6. Next Page: Ke halaman sesudahnya.
7. Last Page: Ke halaman terakhir.
8. Printer Setup: Untuk mensetup printer yang akan digunakan.
9. Print: Untuk mencetak.
10. Save: Menyimpan data hasil pencetakan pada hard disk.
11. Load: Mengambil data hasil pencetakan dari hard disk.
12. Close: Keluar dari Layar Preview.
13. Minimize: Mengecilkan ukuran window/ layar preview menjadi paling kecil.
14. Restore: Mengembalikan ukuran window/ layar preview.
15. Close: Keluar dari Layar Preview
33
Cara Mengisikan Tanggal: Cara 1: Isikan kotak tanggal sesuai dengan tanggal yang diinginkan.
Format pengisian tanggal adalah MM/ DD/ YY.
• Cara 2: Klik tombol segitiga pada kotak disebelah kanan tulisan DATE, kemudian pilihlah tanggal sesuai dengan yang
diinginkan.
Bulan Sebelum Bulan Tahun Bulan Berikut
Tanggal
Setting Layar pada Windows 98:
• Klik tombol [ Start] -[ Settings] -[ Control Panel] .
• Setelah layar Control Panel muncul, Klik 2 kali pada icon Display.
• Pilih Menu Setting, dan isikan pada kotak dibawah tulisan colors warna yang diinginkan.
FILE-FILE yang digunakan:
• NTSMDR.EXE : Program dYNAMITE® Telephone billing System.
• RBLD.EXE: Program Pack & Rebuild Table.
• Error.TXT: Data error. Lihat file Error.txt untuk melihat kesalahan yang terjadi.
• Direktori Text: Data mentah PABX.
• Direktori Data: Database.
Menu VIEW.[ View]
• Maximized : Menampilkan ukuran window Maximum.
• Normal : Menampilkan ukuran window normal
• Hide : Meminimalkan tampilan. Tampilan muncul di kotak Jam pada windows. Clik Kanan Mouse, kemudian pilih
Maximized/ Normal untuk memperbesar window.
Menu Login.[ File] -[ Login]
Menu Login untuk mengakses Menu-menu lain yang diproteksi.
34
Menu Log Off.[ File] -[ Logoff]
Untuk menutup kembali Menu-menu yang diproteksi.
Menu Print.[ Database] -[ Print]
Menu Print digunakan untuk mencetak setting:
• Extension
• Lines
• Phonebook
• Holidays

Membuat situs langsung jadi?Silahkan kunjungi indonetwork.co.id